PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (HP) PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK”
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kemajuan teknologi saat ini tidak
bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di
berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan
teknologi (globalisasi).
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu
besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan
kebudayaannya.Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai
yang ada di masyarakat.
Kemajuan teknologi seperti televisi,
telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda
masyarakat kota, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat di desa. Akibatnya,
segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah
diakses oleh masyarakat.
Banyak orang yang menyalahgunakan teknologi.Seperti
handphone, menjadi karya baru yang begitu cepat perkembangannya, menjadi media
komunikasi yang canggih dan tiada batasan. Seiring berkembangnya handphone,
ternyata situasi psikologi anak juga mengalami reaksi yang beraneka macam. Ada
yang menggunakan handphone untuk menambah nilai pelajaran sekolah, juga ada
yang justru membuat siswa malas dan sering memebuang waktu di depan handphone.
Banyak juga yang menyalahgunakannya untuk bertindak dan bertingkah laku menyeleweng
dari norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Fungsi
utama handphone (HP) sebagai alat komunikasi, tetapi di era yang moderen ini HP
tidak hanya sebagai alat komunikasi melainkan ada fiture-fiture lain yang
canggih seperti facebook,twitter ,chatting dan lain-lain.Dan hal itu dapat
menyebabkan berbagai pengaruh bagi penggunanya.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa pengaruh perkembangan HP pada perkembangan psikologi anak?
2. Apa saja dampak dari pengaruh HP pada perkembangan psikologi anak?
3. Bagaimana cara pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak?
2. Apa saja dampak dari pengaruh HP pada perkembangan psikologi anak?
3. Bagaimana cara pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengaruh
perkembangan HP pada psikologi anak.
2. Untuk mengetahui dampak pengaruh HP pada perkembengan psikologi anak.
3. Untuk mengetehui bagaimana pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak.
2. Untuk mengetahui dampak pengaruh HP pada perkembengan psikologi anak.
3. Untuk mengetehui bagaimana pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
1. Pengertian Teknologi
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) teknologi berasal dari
techne tang berarti cara dan logos yang berarti pengetahuan. Jadi secara
harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian
teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang,
memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
2. Pengertian Handphone (HP)
Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang
sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik
yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran
tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu
disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
3. Pengertian Psikologi Perkembangan
Psikologi berasal dari kata psyche yang artinya jiwa dan
logos yang artinya ilmu pengetahuan. Mengingat jiwa seseorang dapat diketahui,
diselidiki melalui prilakunya, maka psikologi dapat dirumuskan sebagai ilmu
pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan timbal balik
dengan lingkungannya.Karena prilaku seseorang adalah hasil interaksi antara
dirinya dengan lingkungan maka prilaku harus dipelajari dalam hubungan dengan
lingkungannya.
B.
Pengaruh Perkembangan HP Pada
Perkembangan Psikologi Anak
Pengaruh perkembangan HP pada psikologi anak sangat besar.
Mulai dari perubahan tingkah laku anak sampai pada pendidikan anak.Pengaruh
teknologi ada yang yang baik dan ada juga yang buruk.Tetapi pengaruhnya lebih
banyak yang buruk dari pada yang baik.
Seperti anak dapat mendownload dengan seenaknya baik itu hal yang baik ataupun hal yang buruk.Apabila anak itu mencari informasi yang baik maka tingkah laku anak itu menjadi baik.Begitu juga sebaliknya, apabila anak mencari informasi yang jelek maka dengan otomatis anak itu tingkah lakunya buruk. Semua itu tetap tidak lepas dari campur tangan orang tua.Maksudnya orang tua harus tetap mengontrol perilaku anaknya agar anaknya tetap berada di jalan yang benar.
Apabila anak dibelikan HP yang canggih maka besar kemungkinan waktu anak lebih banyak digunakan untuk bermain HP dari pada digunakan untuk belajar.Karena di dalam HP sudah banyak fiture-fitur yang canggih seperti camera, video, facebook, google dan lain-lain.Dan sudah terbukti hal itu lebih menarik perhatian siswa dari pada belajar.Jadi kembali lagi pada peran orang tua, seperti orang tua harus menyita HP anak untuk sememntara waktu agar anak bisa balajar dengan serius.
Seperti anak dapat mendownload dengan seenaknya baik itu hal yang baik ataupun hal yang buruk.Apabila anak itu mencari informasi yang baik maka tingkah laku anak itu menjadi baik.Begitu juga sebaliknya, apabila anak mencari informasi yang jelek maka dengan otomatis anak itu tingkah lakunya buruk. Semua itu tetap tidak lepas dari campur tangan orang tua.Maksudnya orang tua harus tetap mengontrol perilaku anaknya agar anaknya tetap berada di jalan yang benar.
Apabila anak dibelikan HP yang canggih maka besar kemungkinan waktu anak lebih banyak digunakan untuk bermain HP dari pada digunakan untuk belajar.Karena di dalam HP sudah banyak fiture-fitur yang canggih seperti camera, video, facebook, google dan lain-lain.Dan sudah terbukti hal itu lebih menarik perhatian siswa dari pada belajar.Jadi kembali lagi pada peran orang tua, seperti orang tua harus menyita HP anak untuk sememntara waktu agar anak bisa balajar dengan serius.
C.
Dampak dari pengaruh HP pada
perkembangan psikologi anak
Dampak dari pengaruh teknologi pada pendidikan sangat
banyak. Dampak dari pengaruh teknologi pada pendidikan di Indonesia ada dampak
positif dan dampak negatif. Adapun dampak positif dan negatifnya adalah:
1. Dampak positif
a. Mempermudah komunikasi.
Dengan semakin canggihnya teknologi, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia dengan mudah.
b. Menambah pengetahuan.
Dengan menggunakan HP yang canggih kita dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan dengan mudah dan cepat.Seperti kita dapat browsing internet kapan saja dan dimana saja.
c. Memperluas jaringan persahabatan.
Dengan menggunakan HP kita bisa memperoleh banyak teman serta kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman kita.
d. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
1. Dampak positif
a. Mempermudah komunikasi.
Dengan semakin canggihnya teknologi, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia dengan mudah.
b. Menambah pengetahuan.
Dengan menggunakan HP yang canggih kita dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan dengan mudah dan cepat.Seperti kita dapat browsing internet kapan saja dan dimana saja.
c. Memperluas jaringan persahabatan.
Dengan menggunakan HP kita bisa memperoleh banyak teman serta kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman kita.
d. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
2. Dampak negatif
a. Mengganggu perkembangan anak.
Dengan canggihnya fiture-fiture HP seperti kamera,permainan (games) dapat menggangu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang siswa disibukkan dengan telpon dan sms dari teman mereka. Ada juga yang menggunakan HP untuk mencontek ketika dalam ujian, ada juga yang bermain games saat guru menjelaska pelajaran dan lain-lain. Kalau hal tersebut dibiarkan maka generasi yang akan datang bisa diperbudak oleh teknologi.
b. Efek radiasi.
Efek radiasi dari teknologi sangat berbahaya bagi kesehatan manusia terutama pada anak-anak yang berusia 12 tahun kebawah .Apabila dampak radiasi dari teknolohi dibiarkan bisa mengakibatkan kangker.
Cara mengurangi evek radiasi HP adalah sebagai berikut:
1) Batasi menggunakan ponsel untuk telepon.
2) Jangan membiarkan anak-anak menggunakan HP.
3) Jangan menyimpan ponsel di saku pada saat ponsel dalam kondisi ON.
4) Tunggu sampai telepon sudah menyambung ke tempat tujuan sebelum meletakkan ponsel di telinga.
5) Jangan menggunakan ponsel di ruang yang penuh dengn metal atau logam.
c. Rawan terhadap tindak kejahatan
Banyak motif penipuan yang dilakukanoleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab baik lewat telfon maupun lewat sms.
d. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Semakin canggihnya alat elektronik dan semakin pandainya siswa sehingga besar kemungkinan para siswa mendownload atau menyebarkan gambar-ganbar dan video yang mengandung unsur porno.
e. Pemborosan.
Tidak jarang siswa yang menyisihkan uang sakunya tidak untuk ditabung malainkan intuk membeli pulsa, bahkan tidak jarang para siswa membohongi orang tuanya.
f. Kemerosotan moral di kalangan remaja dan pelajar.
Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
g. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran.
Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran.
h. Peserta didik lebih tertarik pada fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan lain-lain, dari pada tugas-tugas mata pelajaran.
i. Dengan HP peserta didik mudah melakukan kecurangan baik pada waktu ujian maupun ulangan.
j. Sering menimbulkan cemburu sosial.
Yang mempunyai HP lebih mahal dan lebih baru dengan fasilitas lengkap, biasanya mengolok-ngolok yang mempunyai HP lebih jelek dari miliknya.Sehingga yang mempunyai HP yang lebih jelek merasa malu.
D.
Cara pengawasan orang tua pada
anaknya dari pengaruh HP pada pendidikan anak
1. Membatasi penggunaan HP.
Ada waktu-waktu tertentu seorang anak tidak diperbolehkan menggunakan HP. Seperti waktu belajar HP disuruh matikan dan lain-lain.
Ada waktu-waktu tertentu seorang anak tidak diperbolehkan menggunakan HP. Seperti waktu belajar HP disuruh matikan dan lain-lain.
2. Selelu mengontrol HP anak.
Para orang tua minimal satu kali dalam satu minggu mengontrol HP anaknya agar tidak disalahgunakan oleh sang anak.
Para orang tua minimal satu kali dalam satu minggu mengontrol HP anaknya agar tidak disalahgunakan oleh sang anak.
3. Memberikan sanksi pada anak.
Apabila sang anak sudah terbukti melakukan kesalahan. Seperti mangisi HP dangan hal-hal yang mengndung unsur kriminal (gambar-gambar dan vidoi porno) maka orang tua wajib memberikan sanksi pada anaknya, agar pebuatan itu tidak dilakukan lagi dilain waktu.
Apabila sang anak sudah terbukti melakukan kesalahan. Seperti mangisi HP dangan hal-hal yang mengndung unsur kriminal (gambar-gambar dan vidoi porno) maka orang tua wajib memberikan sanksi pada anaknya, agar pebuatan itu tidak dilakukan lagi dilain waktu.
BAB III
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra
dan otak manusia. Sedang handphone adalah sebuah alat elektronik yang digunakan
untuk telekomunikasi radio dua arah melalui jaringan seluler. Dan psikologi
adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan timbal
balik dengan lingkungannya.
Pengaruh
teknologi (HP) pada perkembangan psikologi anak sangat besar.Seperti yang kita
ketahui ada dampak positif dan negetif.Dampak positifnya adalah mempermudah
komunikasi, menambah pengetahuan, memperluas jaringn persahabatan, munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru.Sedang dampak negatifnya adalah mengganggu
perkembangan anak, efek radiasi, rawan terhadap tindak kejahatan sangat
berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, pemborosan, kemerosotan moral
di kalangan remaja dan pelajar.
Untuk menangani hal tersebut yang dilakukan orang tua untuk melindungi anaknya dari pengruh teknologi (HP) adalah membatasi penggunaan HP, selelu mengontrol HP anak, memberikan sanksi pada anak apabila terbukti melakukan pelanggaran.
Untuk menangani hal tersebut yang dilakukan orang tua untuk melindungi anaknya dari pengruh teknologi (HP) adalah membatasi penggunaan HP, selelu mengontrol HP anak, memberikan sanksi pada anak apabila terbukti melakukan pelanggaran.
DAFTAR PUSTAKA
Florida, Monika. 1999. Ensiklopedia
Populer Anak. Jakarta; PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Anonymous. 2010. pengaruh teknologi (HP) pada perkembangan psikologi anak.
Anonymous. 2010. pengaruh teknologi (HP) pada perkembangan psikologi anak.
psikologi
perkembangan (http://www.beritanet.com/search.php).
Lucky Club Casino Site Review - Get 100% up to €/$100
BalasHapusWith an awesome experience and high level of VIP, luckyclub you can start betting and have fun with your favourite slot games for free! Lucky Club Casino